-->

Tips Perawatan Helm Yang Baik

Tips Perawatan Helm Yang Baik
Helm, salah satu alat pengaman dikala berkendara untuk melindungi kepala. Saat bekerja, sekolah dan melaksanakan kegiatan lain dengan menggunakan sepeda motor tentunya helm sangat dibutuhkan.

Tetapi, kebanyakan dari kita kurang melaksanakan perawatan pada helm kesayangan sendiri. Berikut tips perawatan helm yang bisa dilakukan disela-sela waktu kita.

Pertama, ikuti panduan perawatan yang diberikan oleh pabrikan dengan benar.

Kedua, gunakan sabun basuh yang lembut yang direkomendasikan dari pabrikan.

Ketiga, jangan pernah menggunakan pembersih yang mengandung materi bakar untuk membersihkan helm Anda. Penggunaan pembersih yang mengandung materi bakar akan merusak komposisi molekul outer shell helm secara kasat mata sehingga mengurangi nilai tingkat keselamatannya.

Keempat, jagalah visor selalu bersih. Cukup gunakan sedikit sabun cair yang lembut dan lap lembap untuk membersihkan visor. Sebab, bila visor Anda tergores, ganti secepatnya. Visor yang tergores sangat berbahaya alasannya yaitu menggangu penglihatan. Ketika dipakai malam hari, cahaya akan didistorsi oleh tabrakan visor dan merusak penglihatan.

Kelima, helm yaitu benda yang kokoh dan kuat. Tapi bukan berarti Anda bisa memperlakukannya dengan kasar. Anda justru disarankan memperlakukannya ekstra hati-hati. Jangan hingga helm Anda terjatuh atau terbentur alasannya yaitu akan mengurangi kemampuannya menahan benturan.

Keenam, jangan menyimpan helm bersahabat dengan daerah penyimpanan materi bakar atau zat kimia. Jauhi helmet dari daerah penuh asap dan panas. Elemen-elemen tersebut secara kasat mata akan merusak material helm perlahan tapi pasti.

Ketujuh, hindari menggantungkan helm Anda di beling spion, lampu sen atau stang motor. Cara-cara ini akan merusak inner liner helm. Beberapa pabrikan helm malah merekomendasi untuk tidak membawa helm cadangan ketika Anda berpergian, kecuali ditempatkan dengan benar atau ada yang memakainya. Menempatkan helm bersahabat dengan blok mesin atau knalpot akan menyusutkan inner liner.

Kedelapan, ketika parkir, usahakan lenempatkan helm di daerah yang rata. Menitipkan di daerah penitipan helm yaitu cara yang bijaksana. Pada motor tertentu, menempatkan helm di atas tangki juga beresiko merusak material helm.

Kesembilan, bagi Anda yang ingin memakai hands-free pada helm, carilah hands-free yang tidak memerlukan membolongkan lapisan luar helm. Membolongkan helm tanpa pengawasan dari pabrikan akan mengurangi nilai keselamatan.

Mudah-mudahan bermanfaat ya teman-teman.

Baca juga