-->

Cara Cepat Membuat Widget Subscribe di Blog

Subscribe / berlangganan artikel blog merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung blog. Alur umum untuk subscribe di blog yaitu pengunjung blog tinggal memasukkan alamat email aktif untuk bisa mendapatkan artikel terbaru dari blog yang di subscribenya.

Saya baru kepikiran untuk menambahkan widget ini untuk salah satu blog saya yang jumlah pengunjungnya lumayan tinggi, untuk blog warganet ini sendiri masih belum saya buat.

Untuk membuat widget subscribe blog di blogspot/blogger sebenarnya ada banyak cara dan teknik pembuatannya. Pada artikel ini saya akan membagikan cara cepatnya. Untuk membuat widget disini kita akan menggunakan pihak ketiga layanan pembuatan widget online yaitu GetSiteControl. GetSiteControl memberikan dua pilihan layanan gratis dan berbayar (premium). Untuk perbedaan dari kedua pilihan tersebut nanti anda akan temukan sendiri apabila sudah mendaftar.

Cara membuat dan memasangnya kedalam blog pun terbilang mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya :

1. Kunjungi situs GetSiteControl.
2. Klik tombol Signup, terdapat 2 pilihan pendaftaran melalui akun Gmail atau Facebook. Silahkan pilih salah satu.
3. Setelah mendaftar anda akan mendapati form untuk mengisikan nama, password dan alamat blog anda nantinya.
4. Selanjutnya akan muncul script yang diberikan oleh GetSiteControl. Anda diharuskan untuk menambahkan script tersebut ke template blog anda. Untuk blogspot/blogger silahkan menuju ke dashboard blogger > Tema > EditHTML. Pastekan script sebelum tag '</body>'.

memasang script pada blog
memasang script pada blogger

5. Setelah script ditambahkan pada blog, kembali ke halaman GetSiteControl lalu Check Code. Langkah ini untuk memastikan apakah script sudah terpasang dengan benar.

Langkah diatas adalah untuk membuat dan memasang widget subscribe di blog. Selanjutnya dibawah ini adalah langkah untuk mengedit tampilan widget subscribe sesuai dengan keinginan kita.

Cara membuat dan mengedit tampilan kotak subscribe.

Setelah masuk kehalaman utama GetSiteControl, silahkan klik create widget dan pilih subscribe. Anda akan menemukan 6 buah tab. Appearance, Content, Success Page, Behavior, Targeting, Integrations. Untuk pengaturan dari ke-6 tab tersebut akan saya jelaskan dibawah :

Appearance : Pada tab ini anda dapat menentukan posisi kotak subscribe muncul pada blog. Terdapat 9 pilihan posisi. Kemudian anda dapat menentukan warna dari kotak dan tulisan didalamnya, jenis huruf (font) dan animasi saat kotak tampil di blog.

Content : Anda dapat menentukan sendiri judul dan isi kalimat dari kotak subscribe.

Success Page : Dalam tab ini nantinya, saat pengunjung blog telah men-subscribe blog anda maka, form dari succes page ini akan muncul. Isilah dengan ucapan terima kasih.

Behavior : Pada tab ini, anda dapat mengatur widget akan muncul dan berapa lama durasi kotak akan muncul. Ikuti saja pengaturan default apabila anda tidak ingin repot mengaturnya.

Targeting : Bagi anda yang menggunakan GetSiteControl ini secara gratis, tidak ada pilihan lain selain membiarkan pengaturan default pada tab ini.

Integration : Pada tab ini, anda dapat menyesuaikan pemberitahuan yang akan dikirimkan ke email anda pada saat anda pengunjung yang melakukan submit ke kotak subscribe tersebut.

Setelah anda selesai menyesuaikan tab-tab diatas selanjutnya tinggal tekan OK. Kemudian nanti akan muncul pilihan Active Now untuk mengaktifkan kotak widget yang sudah anda buat tadi.

tab
tab pengaturan widget

Silahkan cek pada blog anda untuk melihat tampilan widget yang telah anda buat.

Fitur GetSiteControl
 
Fitur widget yang disediakan oleh GetSiteControl tidak hanya widget subscribe, terdapat 6 widget lainnya. Berikut fitur lengkapnya widget apa saja yang bisa anda buat menggunakan GetSiteControl ini.
  1. Widget Subscribe
  2. Widget Contact
  3. Widget Promo
  4. Widget Survey
  5. Widget Follow
  6. Widget Share 
  7. Widget Chat
Saya sendiri belum mencoba fitur widget lain tersebut. Selain itu pada dashboard GetSiteControl dari widget yang telah kita buat, terdapat statistik jumlah pengunjung blog dan jumlah user yang telah melakukan subscribe (subscribers).

statistik subscribers
statistik subscribers

Pada gambar diatas, jumlah subscribe yang saya dapatkan belum sampai 24 jam. Berhubung saya baru membuat widget tersebut tadi malam.

baca juga : Memasang Iklan Adsense di Bawah Judul Tengah dan Akhir Postingan

Tidak hanya itu, kita juga bisa mendownload data subscribers. data yang dapat kita download dalam bentuk file Excel. Data yang disajikan pun lumayan lengkap mulai dari tanggal user subscribe, alamat email, negara, provinsi/regional, kota, alamat IP, device, sistem operasi dan browser yang digunakan oleh user.

data subscribers
data subscribers dalam tampilan Microsoft Excel

Demikian artikel pada kesempatan kali ini mengenai Cara Cepat Membuat Widget Subscribe di Blog. Sangat mudah bukan. Semoga artikel ini bermanfaaat. Salam blogger indonesia.

Penelusuran yang terkait dengan Cara Cepat Membuat Widget Subscribe di Blog

cara membuat subscribe keren di blog
cara membuat subscribe di blog
cara membuat kotak berlangganan di blog terbaru 2018
cara membuat tombol subscribe di blog
cara membuat subscribe di website
cara membuat langganan email di blog 2019
cara memasang channel youtube di blog
cara membuat email subscriber 2019
cara membuat kotak berlangganan pop up melayang

Baca juga

Posting Komentar