-->

Penghasilan Google Adsense Dari Blog Lowongan Kerja

Penghasilan Google Adsense Dari Blog Lowongan Kerja - Bagi sebagian besar blogger, Google Adsense masih menjadi pilihan utama untuk menghasilkan uang dari blog. Walaupun masih banyak program periklanan lain seperti MediaNet, PropellerAds, RevenueHits, PopAds, InfoLinks, dan PopCash.
Penghasilan Google Adsense dari Blog Lowongan Kerja loker

Menjadi publisher Google Adsense sudah saya jalani dari tahun 2016. Awalnya mengenal Adsense sejak tahun 2014. Saat itu mencoba mendaftar Adsense namun ditolak, ya alasannya jelas karena jumlah pengunjung dan konten yang belum memadai. Pada tahun 2016 saya mencoba lagi daftar menggunakan domain blogspot dan akhirnya diterima dengan status akun saat itu Hosted. Niche blog yang saya gunakan untuk mendaftar yaitu Lirik Lagu. Entah kenapa bisa diterima, padahal isinya copas.

Seiring berjalannya waktu saya membuat lagi blog dengan tema Lowongan Kerja. Seingat saya blog Loker ini dibuat tahun 2015. Alasan kenapa membuat blog ini awalnya karena sulitnya mencari Informasi lowongan kerja. Kebetulan juga saat itu lagi masa mencari pekerjaan.

Saya membeli domain TLD untuk blog loker ini. Untuk konten sendiri saya dapatkan dari Grup lowongan kerja di Facebook, Situs Lowongan Kerja Terkenal, Situs Perusahan dan Surat Kabar. Ada yang saya ketik manual dan ada yang copas. Kemudian untuk promosi blog ini saya banyak share ke sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Setiap posting langsung saya share.

Daftar Google Adsense Blog Lowongan Kerja

Seperti yang kita ketahui untuk mendaftar Google Adsense salah satu syarat adalah konten harus original. Sudah dapat dipastikan blog dengan niche Lowongan Kerja pasti ditolak mendaftar Adsense. Itulah yang saya alami, ditolak berkali-kali karena artikel copas. Saya sempat berpikir kenapa blog Loker yang sudah besar dan banyak pengunjungnya yang isinya juga copas tapi bisa menggunakan Adsense. Kemudian tidak sengaja saya menemukan salah satu thread di Ads.id (forum publiser terbesar di Indonesia) yang isinya membahas hal tersebut. Dari situ saya mendapat pencerahan untuk membeli akun Google Adsense untuk dipasang di blog Lowongan Kerja.

Saya membeli akun Adsense dengan jenis Non Hosted, saat itu saya beli dengan harga 300 ribu rupiah. Ketika itu (tahun 2017) tidak review site seperti sekarang. Jadi iklan langsung tampil pada blog. Monetise blog lowongan kerja pun bisa saya lakukan.

Penghasilan Google Adsense dari Blog Lowongan Kerja

Banyak artikel yang menyebutkan kalau niche Lowongan Kerja menjadi salah satu niche di Indonesia yang memiliki nilai CPC (Click Per Cost atau Bayaran Per Klik) tinggi selain niche Teknologi, Kesehatan, Bisnis Online, Properti, Asuransi, Traveling maupun Produk. Disini saya akan berbagi berapa penghasilan dari Adsense yang saya dapatkan dari blog loker ini. Blog loker ini hanya memuat informasi lowongan kerja pada satu provinsi saja, bukan seluruh informasi loker di Indonesia.
statistik hitstats
statistik blog

Statistik histats gambar diatas adalah jumlah pengunjung blog dalam 2 bulan terakhir. Pengunjung tidak stabil, menurun terutama di akhir pekan. Hal ini karena saya tidak share ke sosial media pada hari itu. Kebanyakan pengunjung blog berasal dari sosial media.

url perujuk
sumber pengunjung

Instagram menjadi penyumbang pengunjung terbanyak, sementara dari pencarian Google berada diperingkat ketiga. Bagaimana Instagram menjadi penyumbang pengunjung blog? Cara yang saya gunakan yaitu membuat Instagram Story dengan menaruh link aktif menuju postingan blog ketika followers melakukan Swipe Up.

Ada berpendapat blog tidak baik di mata Google apabila pengunjung lebih dominan dari sosial media dan mempengaruhi ranking di search engine. Apakah pendapat itu benar atau tidak, yang pasti blog saya selalu berada di 3 besar pencarian google.

Untuk statistik dan penghasilan blog dari Adsense bisa lihat gambar berikut
nilai cpc blog lowongan kerja loker
nilai CPC blog lowongan kerja

perkiraan penghasilan
estimasi penghasilan

CPC nilainya dibawah 1 ribu rupiah. Iklan jenis teks link yang banyak diklik, iklan jenis ini saya tempatkan diawal postingan. Penghasilan per hari saya rata-rata 10-20 ribu rupiah. Menurut saya blog dengan niche Lowongan Kerja ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya adalah kita tidak perlu repot-repot memikirkan konten apa yang akan disajikan, kita bisa menunggu orang (individu/perusahaan) yang minta bantu share info lokernya atau apabila tidak ada informasi masuk kita bisa mencari sendiri di grup lowongan kerja. Saat ini saya kebanyakan menunggu informasi masuk, tidak seperti saat awal-awal membuat blog yang mencari informasi loker.

Kekurangannya CPC nya terbilang kecil, hanya momen tertentu saja penghasilan bisa meningkat drastis seperti momen penerimaan CPNS tahun 2018 lalu. Penghasilan perhari diatas 100 ribu rupiah.

Mungkin inilah sharing saya mengenai gambaran penghasilan dari Google Adsense dengan blog bertema Lowongan Kerja. Semoga bermanfaat. Salam.

Baca juga

1 komentar

  1. Halo saya juga ingin publikasi loker https://www.botloker.com lewat situs saya.

    BalasHapus

Posting Komentar