-->

Cara Membuat Desinfektan Sendiri Dirumah

Ditengah merebaknya Virus Corona (Covid-19) di Indonesia pemerintah menganjurkan bagi kita untuk melakukan Social Distancing demi menekan laju penyebaran Virus ini. Inilah cara yang efektif yang bisa kita lakukan.

Dalam melakukan Social Distancing beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan adalah kebersihan. Selain selalu rajin mencuci tangan, kita juga memerlukan cairan desinfektan yang berguna untuk mematikan Virus yang bisa saja menempel di pakaian dan benda-benda lainnya disekitar kita.
Cara Membuat Desinfektan Sendiri Dirumah

Desinfektan ada banyak dijual, namun bagi kita yang ingin membuat sendiri juga bisa. Dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah kita temukan / beli. Berikut ini adalah tips dari dokter Nahla Shihab yang dilansir dari akun instagram @narasi.tv yang bisa kita coba sendiri dirumah.

Setiap rumah pasti mempunyai cairan ini, yaitu Bayclin. Cairan pemutih pakaian ini menjadi bahan utama yang dicampur dengan air. Caranya campurkan 95ml Bayclin dengan 905ml air untuk menghasilkan 1000ml larutan desinfektan.

Gunakan untuk menyemprot bagian-bagian yang sering disentuh di rumah kamu minimal 2 kali sehari. Cairan disinfektan ini bukan untuk cuci tangan, atau semprot bagian tubuh manusia. Juga bukan untuk semprot baju apalagi semprot orang lain.

Cairan disinfektan hanya digunakan untuk area permukaan yang sering disentuh banyak orang, tidak untuk seluruh ruangan. Sebelum semprot cairan disinfektan, sebaiknya lap area permukaan yang kotor dengan air dan sabun. Setelah semprot, biarkan cairan mengering dengan udara, atau boleh juga dilap lagi dengan lap kering.

Gunakan sarung tangan dan masker saat melakukan disinfeksi. Usahakan agar jendela/pintu dibuka saat disinfeksi supaya ada ventilasi udara.

Cairan disinfektan yang diencerkan hanya bertahan untuk 24 jam, karena sifatnya yang tidak stabil. Jadi kalau bikin cairan disinfektan tidak usah banyak2, secukupnya saja sesuai kebutuhan 1 hari.
Pada saat melakukan pengenceran dan peyemprotan juga harus berhati-hati. Gunakan sarung tangan dan masker. Kalau cairan pemutih tumpah dan mengenai kulit/mata, segera basuh dengan air mengalir selama beberapa menit.

Kalau masih sulit menemukan cairan pemutih untuk disinfeksi, pastikan untuk tetap membersihkan permukaan alat yang sering disentuh dengan lap air dan sabun. Yang terpenting, pastikan untuk tetap sering mencuci tangan dengan sabun dengan langkah yang benar.

Nah demikian informasi mengenai cara membuat larutan desinfektan sendiri dirumah. Semoga bermanfaat dan #dirumahsaja. 

Baca juga